PERANGKAT MEDIA
PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN MULTIMEDIA
Disusun
Oleh
Nama : Muhammad Nasrudin
Kelas :
4IC05
NPM :
27414424
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK
MESIN
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2018
PERANGKAT (MEDIA) PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA
Aplikasi
Multimedia sesuai dari namanya tentu membutuhkan banyak perangkat dalam
pembuatannya, baik dari perangkat kerasnya (Hardware) maupun dari
perangkat lunaknya (Software). Pembuatan aplikasi multimedia tidak
terbatas pada perangkat komputer saja (PC), namun saat ini aplikasi multi media
juga dapat dibuat pada perangkat elektronik lainnya seperti Laptop, maupun perangkat
smartphone.
Dahulu
aplikasi multimedia tidak dapat dikerjakan satu orang, untuk itu dibutuhkan
suatu tim untuk membuat multimedia seperti seniman grafis, penyunting video,
penyunting suara, pembuat animasi dan programmer. Namun saat ini setiap orang
dapat membuat sendiri aplikasi multimedianya yang kualitasnya tak kalah dari
para profesional, dengan bantuan beberapa aplikasi ataupun software
yang terdapat pada internet baik yang free (gratis) maupun yang
berbayar. Pada intinya dalam pembuatan alikasi multimedia tidak terlepas dari
perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut ini beberapa perangkat hardware
dan software yang dibutuhkan.
1. 1. PERANGKAT
KERAS
Perangkat
keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data
yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan
perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras
dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat
lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware , karena
firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras.
Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer,
yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Komputer pada umumnya adalah komputer
pribadi , (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian
berikut: Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU , memori , slot
vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan. RAM – tempat
penyimpanan data sementara / jangka pendek,sehingga perangkat lunak yang kita
jalankan akan tersimpan sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu
mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan
membantu kecepatan PC. Buses: Bus PCI Bus ISA USB AGP ROM (Read Only
Memory) di mana firmware diletakkan CPU (Central Processing Unit) sebagai otak
dan bagian utama komputer.
Power supply – sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer , kontrol voltase dan kipas. Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE , SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard disk , Floppy disk , CD-ROM , DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk computer display Pengontrol komputer bus ( paralel, serial, USB , Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner Beberapa jenis penyimpanan komputer: CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. CD-ROM CD-RW CD-R DVD DVD-ROM DVD-RW DVD-R Floppy disk Penyimpanan dalam – menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang. Hard disk – untuk penyimpanan data jangka panjang Disk array controller Kartu suara – menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
Jaringan komputer – untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya. Modem – media penyambung ke koneksi internet. Kartu network – untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain. Alat lainnya. Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan Input:
Power supply – sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer , kontrol voltase dan kipas. Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE , SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard disk , Floppy disk , CD-ROM , DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk computer display Pengontrol komputer bus ( paralel, serial, USB , Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner Beberapa jenis penyimpanan komputer: CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. CD-ROM CD-RW CD-R DVD DVD-ROM DVD-RW DVD-R Floppy disk Penyimpanan dalam – menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang. Hard disk – untuk penyimpanan data jangka panjang Disk array controller Kartu suara – menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
Jaringan komputer – untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya. Modem – media penyambung ke koneksi internet. Kartu network – untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain. Alat lainnya. Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan Input:
a. Keyboard
b. Alat
penunjuk
c. Mouse
d. Trackball
Joystick
e. Gamepad
f. Scanner
gambar
g. Webcam
h. Tablet
i.
Grafis
j.
Output
k. Printer
l.
Speaker
m. Monitor
n. Jaringan/Networking
o. Modem
kartu network
1.1
VGA / Video
Board
VGA adalah
perangkat komputer yang berfungsi menampilkan gambar pada layar monitor VGA,
singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog
yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA
sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru,
VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis
terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.
Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran computer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia. Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran computer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia. Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
1.2
Sound Card
Kartu suara
(Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai
pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di
setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
a. Sound
Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard
computer.
b. Sound
Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada
motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
c. Sound
card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer
melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
1.3
CD-ROM Drive
Drive berarti
penggerak atau bagian mekanikal suatu piranti . Cd drive berarti penggerak cd
atau suatu drive yang digunakan untuk merekam atau memainkan cd. Cd rom drive
adalah Alat pemutar CD ROM Atau Suatu drive untuk merekam atau memainkan
Compact Disk.yang sering dijumpai adalahCD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical)
dan WORM (Write Once Read Many). Fungsi CD-ROM drive adalah digunakan untuk
membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru
dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat
ditulis berulang-ulang). Kecepatan berputar dari CD-ROM biasanya tidak terlalu
penting kecuali pada saat menginstall program, memainkan permainan (games) yang
menggunakan CD ROM drive, atau pada saat membuat CD dengan CD writer.CD ROM
DRIVE hanya dapat digunakan untuk membaca sebuah cd saja. Macam-macam CD-ROM
DRIVE : CD ROM DRIVE R adalah cd rom drive yang digunakan hanya untuk membaca
saja fungsinya seperti cd rom pada vcd player atau pada cd player yaitu hanya
dapat membaca apa yang ada di cd. Saat ini biasanya terdapat angka yang
disertai dengan huruf “X” yang artimya kecepatan/kemampuan membaca dari cd rom
drive.
CD ROM DRIVE RW
adalah perangkat yang digunakan untuk menulis serta membaca cd-r dan cd-rw.
Dalam memilih cd rom drive yang perlu di perhatikan adalah mengenali
kecepatannya.
1.4
Scanner
Scanner adalah
suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat
dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang
kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan
ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio
ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru
diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena
tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian
mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut
dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya
sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya
secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
2.
PERANGKAT
LUNAK
Perangkat lunak atau Software membantu pengguna komputer
untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan komputer. Perangkat lunak
digunakan untuk membuat elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, suara,
video dan animasi. Elemen-elemen tersebut dapat dihasilkan dari hasil imajinasi
dalam pemakaian perangkat lunak pada komputer.
2.1
2.1 Video
Streaming
Pengertian Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang
dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar,
video streaming bukan hal yang baru di tanah air (Indonesia), sejak munculnya
3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telepon seluler video streaming bagaikan
jamur bertumbuhan di mana-mana, hingga kepelosok tanah air.
Video streaming adalah istilah yang sering gunakan saat
melihat video diinternet melalui browser dimana tidak perlu men-download file
video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua
suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi
untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar
bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran
berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan
file sebelum data dihantar sepenuhnya. Jadi video streaming dapat diartikan
transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut
diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.
Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia
pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar
siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar
yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat
diputar melalui internet.
File – File audio maupun video ini diletakkan di sebuah
server komputer yang dapat secara langsung diakses di komputer client atau
komputer kita masing-masing melalui koneksi internet, sesaat setelah ada
permintaan dari pengguna sehingga proses download file tersebut yang
menghabiskan waktu cukup lama dapat dihindari.
Ketika file-file tersebut di-stream maka akan terbentuklah
sebuah “buffer” di komputer client dan pada waktu itu data audio
atau video tersebut akan mulai di-download ke dalam buffer yang telah terbentuk
pada mesin client. Setelah buffer terisi dalam waktu hitungan detik, maka
secara otomatis file video ataupun audio akan di jalankan oleh sistem. Sistem
akan membaca informasi dari buffer sambil tetap melakukan proses download file
sehingga proses streaming tetap berlangsung ke mesin client. Delay waktu sesaat
sebelum file video atau audio di jalankan berkisar antara 5 sampai dengan 30
detik.
Sering kali kita menjumpai istilah streaming ketika kita
melihat sebuah video atau audio di internet. Streaming merupakan sebuah
teknologi yang digunakan untuk memainkan sebuah file audio maupun video yang
secara langsung maupun dengan prerecord yang berada di web server.
Konsep dasar dari video streaming ini yaitu membagi paket
video ke dalam beberapa bagian (dipecah), dan mentransmisikan paket-paket
tersebut, kemudian dari sisi (client) dapat men-decode dan memainkan potongan
paket file video tanpa harus menunggu seluruh file terkirim ke mesin penerima.
2.2
2.2 VoIP
(Voice over Internet Protocol)
Voice over
Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa
melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog,
seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data
digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real
time.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon
melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon
menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari
segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP
bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%.
Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data
networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal
ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak
seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral
atau PBX (Private branch exchange).
Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang
didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari
PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan
internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau
bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang
disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat
dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog
diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter),
kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog
dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi
voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam
bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini
dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital
lebih tahan terhadap noise daripada analog.
2.3
2.3 Video
VoIP (Voice over Internet Protocol)
Video profesional over IP sistem menggunakan beberapa codec
video standar yang ada untuk mengurangi materi program ke bitstream (misalnya,
aliran transportasi MPEG), dan kemudian menggunakan Internet Protocol (IP)
jaringan untuk membawa bahwa bitstream dikemas dalam aliran paket IP . Hal ini
biasanya dilakukan dengan menggunakan beberapa varian dari protokol RTP.
Tercatat video profesional melalui jaringan IP memiliki
tantangan khusus dibandingkan dengan sebagian besar lalu lintas IP
non-waktu-kritis. Banyak masalah ini mirip dengan yang ditemukan pada voice
over IP, tetapi untuk tingkat yang lebih tinggi dari persyaratan teknik. Secara
khusus, ada kualitas yang sangat ketat persyaratan layanan yang harus dipenuhi
untuk digunakan dalam lingkungan siaran profesional.
Salah satu aplikasi video VOIP yang tersedia adalah Skype.
Skype adalah ”software” aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet
antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype
yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun
jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai
macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan
SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan
pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.
Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan
Skype server untuk otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype
directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk
berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini
adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa
suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai berikut :
a. Privacy
Privacy Skype menggunakan AES (Advanced
Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total
probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali,
sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan
RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada
saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara
otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.
b. Authentication
Setiap pengguna Skype memiliki sebuah
username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail
yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan
pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka
Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail
pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based
Identification and Authentication. Dikarenakan Skype merupakan sistem
komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara langsung mengidentifikasi
lawan bicaranya melalui suaranya.
2.4
2.4 Encoder
Encoder merupakan suatu program yang digunakan untuk
mengubah mediasource ke format yang sesuai untuk streaming. Encoder bertugas
untuk mengkonversikan data digital menjadi bit stream yang dapat dilewatkan
jaringan. Di dalam encoder terdapat modulasi frekuensi yang akan dialirkan
melalui jaringan. Fungsi dari modulasi frekuensi adalah untuk menggabungkan
sinyal yang telah dikompresi oleh encorder dengan sinyal-sinyal lain yang akan
bertindak sebagai sinyal pembawa menuju ke client.
Modulasi adalah proses menumpangkan sinyal (data) pada
sinyal pembawa/ carrieryang biasanya berupa gelombang sinusoidal/ gelombang
radio. Fungsi modulasi adalah untuk memudahkan pengiriman data melalui media
transmisi, karena tidak semua media transmisi dapat mengirimkan sinyal digital
ataupun sebaliknya. Teknik modulasi yang digunakan pada teknologi video
streaming adalah modulasi data digital ke sinyal analog. Karena teknologi video
streaming merupakan pengiriman paket data yang menggunakan jaringan paket suara
yang hanya dapat melakukan transmisi data yang berupa sinyal analog. Sehingga
data digital yang dihasilkan oleh perangkat sumber yang berupa kamera harus
dikodekan ke dalam sinyal analog agar dapat ditransmisikan oleh jaringan.
Cara Kerja: Mengubah sinyal seperti data atau
bitstream ke dalam bentuk yang dapat diterima untuk transmisi data atau
penyimpanan data. Umumnya ini dilakukan melalui suatu algoritma tertentu,
terutama jika ada bagian yang berupa digital.
2.5
2.5 MPEG-2
& MPEG-4
MPEG-2 adalah penentuan untuk sekelompok
koding dan kompresi untuk audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan
diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya
digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit
broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga
format coding yang digunakan dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu
membayar biaya lisensi kepada pemegang paten melalui MPEG Licensing Association.
MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998,
adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan
teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group
(MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming
media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
Cara Kerja:
MPEG-2 sama dengan MPEG-1, tetapi juga menyediakan dukungan
untuk interlaced video ( seperti pada siaran TV ) dan juga mendukung Transport
Stream yang dibuat untuk mentranfer video dan audio digital pada media dan
digunakan untuk broadcasting. Standard MPEG-2 saat ini telah ditingkat menjadi
standard terbaru untuk transmisi HDTV. Saat ini digunakan untuk SVCD, DVD
dengan tingkat bit yang dapat diubah dan memiliki kualitas gambar yang luar
biasa. DV Video merupakan subformat khusus dari MPEG-2 dengan tingkat bit yang
tetap. Format ini sangat cocok digunakan untuk video editing.
MPEG-4 berbasis MPEG-1 dan MPEG-2, tetapi ada tambahan fitur
seperti dukungan VRML untuk rendering 3D, files komposit berorientasi objek
(termasuk audio, video dan virtual reality modelling), dukungan untuk DRM dan
berbagai macam interaktivitas . Kontainer untuk kandungan MPEG-4 adalah MP4.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar